day by day. . .

Saya menjalani magang sudah hampir 2 bulan, waktu yang cukup panjang dan lama buat saya (that means I really didn’t enjoy my time here, u know that, when u fell enjoy the time, time’s like run shortly)

Selama saya magang, saya sudah menangani 2 klien, sayangnya untuk klien pertama, saya baru masuk di tengah audit field work yang telah berjalan setengah bulan, karena saya menggantikan posisi seseorang yang hendak cuti.

Ok, klien pertama saya adalah perusahaan kontraktor minyak dan gas, dia merupakan afiliasi dari perusahaan kontraktor ternama dunia, namun namanya sendiri kurang bergaung di Indonesia. Mulai sekarang kita sebut perusahaan ini sebagai perusahaan A.

Saya menjalani audit field work selama kurang lebih 2 minggu.

Hal apa saja yang telah saya lakukan?

Ok, di hari pertama saya mengisi, tepatnya melengkapi work paper untuk salah satu siklus, yaitu siklus taxation. Hal yang sangat simple, saya hanya mengerjakan vouching/ tracing sederhana, untuk beberapa PPh, dari PPh 21, hingga 23. simple, saya hanya tinggal memeriksa kembali apakah dari SPT yang telah mereka (pihak klien) buat dan telah mereka masukkan dalam GL ataupun TB sudah sesuai nominalnya dengan yang tertera disana, apakah tanggal lapor mereka ketika mereka membuat SPT itu tidak lebih dari tanggal 10 tiap bulannya, untuk melihat compliance mereka atas peraturan perpajakan di indonesia.

Sorenya saya diberi tugas oleh senior saya untuk merekapitulasi beberapa akun yang berkaitan dnegan payroll, setelah saya mengikuti training tentang fungsi Sum-If Ms. Excell di kantor, saya baru sadar pekerjaan saya ketika itu bisa saya selesaikan dengan mudah jika saya mengerjakannya dengan fungsi tersebut. Absolutely BTTM (bolot to the max), karena ketika itu saya mengerjakannya dengan cara yang amat purba, tak perlu lah saya ceritakan bagaimana mekanisme kerja saya ketika itu, tidak akan menambah khazanah ilmu pengetahuan di Indonesia, sebaliknya jika saya ceritakan hanya akan mempermalukan diri saya sendiri.

Hari kedua merupakan hari yang paling menyenangkan bagi saya selama saya magang, saya melakukan cek inventory ke warehouse klien saya, untuk melihat keberadaan sebenarnya dari fix asset serta inventory yang berkaitan dengan pengerjaan pengeboran di rig. Saya akhirnya merasakan bagaimana itu stock stake, oh seru sekali. Jadi mekanisme kerjanya, nanti saya ceritakan di postingan yang lain deh..hihi..tunggu saja ya

Nah..hari ketiga saya mulai diberi pekerjaan yang kurang related dengan klien saya, saya diberi pekerjaan oleh senior untuk membereskan work paper dari klien lain yang pernah ia tangani yang masih sangat berantakan, karena secara tiba-tiba klien itu hendak meminta wp-nya.

Hari keempat saya diberikan tugas yang anehhhh seaneh anehnya.

Mentranslate surat pemberitahuan masa pajak (SPT), nah loh..kebayang dong betapa pusingnya saya ketika itu..mana saya ga jago berbahasa inggris.. :((

Hari selanjut dan selanjutnya saya diberi tugas untuk mengerjakan work paper yang berkaitan dengan siklus fix asset, saya harus mengecek ulang kebenaran jumlah beban depresiasi yang telah dimasukan dalam general journal oleh para staff admin disana, dengan metode yang sama yaitu SLM, apakah terdapat perbedaan pengakuan jumlah beban depresiasi? Jika ada, kita harus bertanya pada klien, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Lalu jika penjelasan dari mereka masuk akal maka kita bisa menerima perhitungan mereka, jika tidak, maka kita sebagai auditor boleh memberikan rekomendasi untuk membuat suatu penyesuaian.

Di hari selanjutnya saya mengerjakan form yang harus diisi sebagai prasyarat dalam menerbitkan laporan keuangan auditan, sebenarnya ini hanyalah prosedur dari kantor saya, pasti di tiap kantor akuntan memiliki prosedurnya sendiri. Contoh formnya misalnya : form independency questionare, untuk melihat apakah KAP saya independen terhadap klien ini. Ada juga form yang mengharuskan saya untuk menjabarkan bagaimana SOP di tiap siklus akuntansi yang dimiliki oleh klien tersebut, ada juga form untuk menilai kemampuan going concern dari klien tersebut apakah mengkhawatirkan atau baik-baik saja, dan berbagai form lainnya, kurang lebih ada 52 form. Mantaaapp kann, jadi kira2 saya mengerjakan form ini selama 4 harian lah..

1 Response
  1. Unknown Says:

    mb mau tanya. kalau magang di RSM AAJ digaji berapa rata2 per bulannya?